Katalog Produk

Keselamatan dan Kesehatan Kerja dalam Laboratorium
Hargabersaing
Jumlah Pesanan:
Cara PembayaranTransfer Bank (T/T)
Kemas & Pengirimanpacking
Negara AsalIndonesia

Keterangan

Banyak di antara kita yang telah lama bekerja dalam laboratorium kimia tanpa berbekal pengetahuan tentang keselamatan kimia. Hal ini dapat menyebabkan kecelakaan yang sebenarnya tidak perlu terjadi. Dengan sedikit pemahaman ilmu, bahaya dalam laboratorium dapat diketahui dengan mudah dan kecelakaan dapat dicegah. Bahaya dalam laboratorium tidak tampak jelas sebagaimana bahaya di tempat kerja bangunan ( misalnya bekerja di tempat tinggi) atau bahaya dalam lalulintas seperti mengendarai mobil kecepatan tinggi. Bahaya dalam laboratorium lebih tersembunyi karena berkaitan sifat bahan kimia seperti korosif, toksik, mudah terbakar dan mudah meledak serta reaksi kimia yang kadang kala tidak kasat indera mata atau penciuman.
Potensi bahaya di atas dapat berakibat buruk pada kita seperti terjadinya kebakaran atau keracunan, tetapi juga dapat mengganggu kesehatan akibat menghirup gas atau uap bahan kimia dalam jangka panjang. Oleh karena itu untuk keselamatan dan kesehatan kita, diperlukan pengetahuan agar dapat mengendalikan bahaya dengan resiko yang sekecil-kecilnya.
Buku ” Keselamatan dan Kesehatan Kerja dalam Laboratorium Kimia” atau K3-Lab ini adalah kumpulan ilmu dan pengalaman penulis yang telah bekerja dalam laboratorium kimia lebih dari 30 tahun dengan aman. Pengetahuan ringkas ini terutama diperoleh ketika belajar di Universitas of New Shouth Wales, Sydney, Australia ketika mengambil gelar doktor dalam bidang kimia ( 1976-1980) . Selain itu pengetahuan dan pengalaman praktis diperoleh pula dari :
• Pemberian training dalam ” Keselamatan dan Kesehatan Kerja dalam Laboratorium Kimia” sejak 1983 – sekarang.
• Konsultan Proyek Keselamatan Kimia pada Departemen Tenaga Kerja– International Labour Organization ( ILO) tahun 1987, 1989-1990.
Diharapkan buku kecil ini cukup memadai bagi para mahasiswa, analis dan teknisi serta sarjana kimia yang bekerja dalam laboratorium kimia. Juga buku ini penting bagi siapa saja yang ingin belajar di luar negeri dimana masalah keselamatan kimia amat diutamakan. Dengan bekal ilmu dalam buku ini diharapkan mahasiswa Indonesia tidak berbuat salah yang menimbulkan kecelakaan fatal atau memalukan. Tentu buku ini jauh dari sempurna dan tidak tanpa kesalahan. Oleh karena itu kritik dan saran akan diterima dengan senang hati. Semoga buku ini bermanfaat dalam mengurangi kecelakaan dan sakit akibat kerja dalam laboratorium kimia di Indonesia. Amin.
Penulis : Soemanto Imamhasani

menampilkan 12 dari 12